Jumat, 03 Februari 2012

PERANGKAT LUNAK SHAREWARE

Shareware adalah salah satu metode pemasaran perangkat lunak komersial dimana perangkat lunak didistribusikan secara gratis. Kebanyakan perangkat lunak shareware didistribusikan melalui internet dan dapat diunduh secara gratis atau melalui majalah-majalah komputer. Istilah lainnya untuk shareware adalah trialware, demoware yang pada intinya "coba dulu sebelum membeli". Fitur-fitur perangkat lunak shareware belum tentu mencerminkan keseluruhan fitur yang didapat ketika pengguna sudah membeli perangkat lunak tersebut, tetapi beberapa shareware membuka semua fitur tanpa terkecuali. Umumnya perangkat lunak shareware hanya bisa dijalankan dalam periode waktu tertentu saja atau dibatasi dari jumlah penggunaannya.
          Setelah periode tertentu atau mencapai jumlah pemakaian tertentu, perangkat lunak akan terkunci. Jika pengguna tidak merasa cocok, dan tidak ingin menggunakannya lagi, maka pengguna wajib untuk menghapus program dari komputer pengguna. Apabila pengguna merasa cocok, untuk dapat terus menggunakan, ia harus membeli untuk memperoleh kunci pembuka atau perangkat lunak versi non-shareware-nya. Apabila menggunakan kunci pembuka, pengguna memasukkan kunci tersebut di perangkat lunak shareware. Apabila kunci tersebut valid, perangkat lunak yang tadinya terkunci akan terbuka untuk penggunaan seterusnya tanpa batasan. :)
Shareware (juga dikenal sebagai trialware atau demoware) adalah sebuah perangkat lunak berpemilik yang disediakan untuk pengguna tanpa pembayaran secara percobaan dan sering dibatasi oleh kombinasi dari fungsi, ketersediaan atau kenyamanan. Shareware sering ditawarkan sebagai download dari situs internet atau sebagai compact disc disertakan koran atau majalah secara berkala. Alasan di balik “penciptaan” shareware adalah untuk memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menggunakan program dan percobaan sebelum membeli lisensi untuk versi lengkap dari perangkat lunak. Perusahaan dengan perangkat lunak unggul yang biasanya menawarkan sampel seperti ini, kecuali jika produk mereka sudah terkenal, atau jika mereka tidak ingin terdaftar dalam kompetisi langsung dengan produk lain di repositori shareware .
Shareware biasanya ditawarkan dengan fitur tertentu yang hanya tersedia setelah pengguna membeli lisensi, atau sebagai sebuah versi penuh tetapi untuk masa percobaan dengan waktu yang terbatas. Setelah masa percobaan telah berlalu, program dapat berhenti berjalan hingga lisensi dibeli. Shareware sering ditawarkan tanpa pendukung atau pembaruan yang hanya tersedia dengan pembelian lisensi. Kata-kata "percobaan gratis" atau "versi trial" adalah indikasi dari shareware.
Sejarah
Pada tahun 1982, Andrew Fluegelman menciptakan sebuah program untuk IBM PC disebut PC-Talk, program telekomunikasi, ia menggunakan istilah freeware. Dalam waktu yang sama, Jim Knopf merilis PC-File, program database. Tidak lama kemudian, Bob Wallace yang dihasilkan PC-Write, pengolah kata, dan menyebutnya sebagai shareware. Muncul dalam sebuah episode berjudul Psychedelic Horizon yang disiarkan 5 April 1998, Bob Wallace mengatakan ide untuk “penciptaan” shareware datang kepadanya "sampai batas tertentu sebagai hasil dari pengalaman psikedelik saya".
Pada tahun 1984, Softalk-magazine PC memiliki Kolom, Perpustakaan Umum, “ABOUT” perangkat lunak tersebut. Domain publik (seperti halnya freeware) tidak dibenarkan  untuk shareware, freeware adalah merek dagang Fluegelman dan tidak dapat digunakan secara legal oleh orang lain. Jadi kolumnis Nelson Ford memanfaatkan kesempatan  ini untuk datang dengan nama yang lebih baik.
Nama Shareware semakin populer ketika digunakan oleh Wallace. Namun, Wallace mengakui bahwa ia mendapat istilah dari kolom majalah InfoWorld pada 1970-an, dan bahwa ia menganggap nama itu menjadi generik, sehingga penggunaannya menjadi digunakan untuk perangkat lunak freeware.
Sejak saat itu Fluegelman, Knopf, dan Wallace jelas menetetapkan shareware sebagai metode pemasaran perangkat lunak yang layak. Melalui model shareware, Button, Fluegelman dan Wallace menjadi jutawan.
Selama akhir 1980-an dan awal 1990-an, perangkat lunak shareware didistribusikan secara luas di kolom buletin global dan pada disket (dan kemudian CD-ROM) oleh distributor shareware komersial yang diproduksi katalog menggunakan ribuan domain publik dan program shareware. Salah satu distributor seperti, Public Software Library (PSL), memulai layanan pemesanan untuk pemrogram melalui katu kedit.
Seiring penggunaan internet tumbuh, pengguna ke men-download program shareware dari FTP atau situs web tanpa membayar biaya jarak jauh atau biaya disk. Pada awalnya, ruang disk pada server itu sulit didapat, sehingga jaringan dari situs “Mirror” seperti Info-Mac, yang berisi perpustakaan besar shareware dikembangkan, dan dapat diakses melalui web atau ftp. Kemudian, para penulis program mengembangkan situs mereka sendiri di mana masyarakat bisa belajar tentang program-program mereka dan men-download versi terbaru, dan bahkan membayar untuk perangkat lunak online. Ini menghapus salah satu perbedaan utama dari shareware, seperti yang sekarang paling sering didownload dari lokasi pusat "resmi" oleh para penggunanya.
Shareware tersedia di semua platform komputer besar, termasuk Microsoft Windows, Macintosh, Linux, dan Unix dengan mencakup rentang yang sangat luas termasuk kategori: bisnis, pengembangan perangkat lunak, pendidikan, rumah, multimedia, desain, driver, game, dan utilitas. Karena overhead minimal dan biaya rendah, model shareware praktis untuk digunakan dalam pendistribusian perangkat lunak dengan platform tidak bebas seperti Atari ST dan Amiga.
Dengan shareware, pengembang saluran distribusi ritel markup menghilangkan tengkulak dan pasar secara langsung kepada pengguna akhir. Hasilnya adalah harga pengguna akhir berkurang. Pengguna shareware yang didorong untuk menyalin dan mendistribusikan versi terdaftar dari perangkat lunak untuk teman-teman, rekan kerja dan kenalan lainnya. Harapannya adalah bahwa pengguna akan menemukan program yang berguna atau menghibur dan akan membayar untuk mendaftar untuk bisa mengakses semua fitur.
Awal hingga pertengahan tahun 1990-an saluran distribusi yang besar online seperti Download.com, Tucows, Yahoo! Games dan RealArcade muncul. Portal ini bertindak sebagai media distribusi untuk pengembang shareware, menciptakan audien yang jauh lebih besar dari sebelumnya.
Banyak programmer komputer pengembang shareware yang mengembangkan produk mereka sendiri. Komunitas penulis online shareware, seperti alt.comp.shareware.authors newsgroup, sering digunakan oleh para pencari perangkat lunak untuk posting ide-ide baru untuk implementasi bahwa perangkat lunak mereka potensial.
Pada pertengahan 1990-an, pasar shareware menurun dan dalam beberapa tahun telah hampir menghilang sebagai sarana untuk mendistribusikan game komputer. Alasan untuk hal ini sangatlah banyak, tetapi bisa terkait erat dengan penurunan coders garasi. Shareware adalah alat besar untuk permainan yang tidak mampu mendapatkan pemasaran tradisional dan paparan ritel untuk mendapatkan perhatian. Namun, sebagai teknologi yang ditingkatkan, game independen kurang mampu untuk menjadi kompetitif di pasar komersial, dan pengembang yang lebih besar merasa tidak perlu untuk melepaskan episode shareware yang luas, bukannya menawarkan demo lebih terbatas dalam menggantikan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar